PageList1

  • Pantai Sawarna

    Pantai Sawarna

    Sebuah pepatah mengatakan Indonesia adalah Jamrud Khatulistiwa dan tidaklah berlebihan rasanya menggambarkan hal tersebut dengan melihat keindahan dan keaslian Pantai Ciantir, Sawarna, Banten Selatan. Hamparan pasir putih yang memanjang sekitar 5 km menjadi surga bagi para pencinta wisata pantai.....

  • Wisata Pantai Karang yang "Tersembunyi"

    Wisata Pantai Karang yang "Tersembunyi"

    Sebuah keindahan yang sesungguhnya tak kan pernah bisa kita lihat secara singkat namun kita harus dapat memahami arti dari sebuah keindahan itu.....

  • Daerah Wisata "Perawan"

    Daerah Wisata "Perawan"

    Wow..Perawan! judulnya mungkin terkesan boombastis tapi ya memang demikian. Daerah yang terletak di wilayan Selatan Banten ini memang mempunyai beberapa daerah parawisata yang boleh dibilang masih belum begitu terjaman namun punya potensi pemkembangan dan keindahan yang luar biasa.....

"PEUTEUY" Lalab Urang Lebak Selatan

Beberapa dari Anda mungkin sudah mengenal yang satu ini, Lalaban yang selalu hadir dalam setiap menu masyarakat Lebak Selatan. "Peuteuy" mereka menyebutnya, sebuah menu tambahan untuk meningkatkan nafsu makan apalagi jika dicampur dengan sambal khas Lebak Selatan. Hmmm...Yammiii.

Mungkin untuk Masyarakat perkotaan, Pete menjadi makanan yang membuat lidah tidak bisa ditekuk sehingga tenggorokan akan selalu merasa gk enak. Tapi, bagi masyarakat Lebak Selatan, Pete menjadi Lalaban Favorit yang menjadi pelengkap menu santap siang keluarga. Selain itu, Petai menjadi menu pelengkap ketika melakukan makan bareng bersama keluarga, Teman maupun Sahabat di tepi pantai Lebak Selatan atau sering disebut dengan "Babacakan". Petai ini menjadi menu penambah nafsu makan bagi mereka

Baik gk sih sebenarnya mengkonsumsi Petai?

Beberapa Artikel telah membahas manfaat dan mudharat petai bagi tubuh, mereka menyatakan bahwa petai memiliki manfaat juga memiliki mudharat atau kerugian jika dikonsumsi berlebihan.
Berdasarkan ilmu Kedokteran, Petai mengandung Asam Amino dan Anti Oksidan. Nah, Kedua zat inilah yang menyebabkan petai memiliki manfaat dan mudharat bagi kesehatan tubuh si konsumen.

Asam Amino dalam petai inilah yang menyebabkan bau pada urine si konsumen. Asam Amino kaya akan unsur Nitrogen dan unsur Sulfur yang akan diubah menjadi gas menjadi Amoniak (NH3) dan Hidrogen Sulfida (H2S) yang menyebabkan gas buang pada manusia menjadi bau. Selain itu, Asam Amino ini merupakan komponen penting dalam penyusunan protein. tetapi bila dalam jumlah banyak maka akan dibuang melalui ginjal, dan akibatnya protein yang berat molekulnya besar akan merusak saringan pada ginjal, dan akibatnya akan ditemukan protein dalam urine. Gejala ini dinamakan proteinuria.

Sedangkan manfaat petai bagi ginjal juga ada, karena petai ini juga mengandung anti oksidan yang baik.  Dan kita tahu bahwa yang berfungsi untuk membersihkan darah adalah hati dan ginjal. Sedangkan darah kita akibat lingkungan yang kotor / makanan yang tidak sehat banyak sekali mengandung radikal bebas. Dan untuk menangkal radikal bebas dibutuhkan antioksidan. Selain itu, karena petai mengandung asam amino salah satunya adalah triptofan, dalam tubuh akan diubah menjadi serotonin yang akan menurunkan tingkat stress dan membuat diri lebih tenang.


Jadi kenapa tidak kita mengkonsumsi Petai, Lalaban khas Lebak Selatan yang bisa didapatkan hampir di setiap rumah makan di Lebak Selatan.

0 komentar:

Posting Komentar